Sabtu, 30 November 2013

Mengatasi Layar Hitam (Hanya ada cursor saja)


KSOD (blacK-Screen-of-Death)

Jika anda pernah mengalaminya pasti anda binggung. Hal seperti ini biasa disebut “KSOD” atau “blacK-Screen-of-Death” Sesaat setelah booting dan masuk ke desktop, layar Windows tiba-tiba berubah menjadi hitam dan hanya ada kursor saja. Mungkin sedikit aneh untuk sebagian orang, karena komputer atau laptopyang digunakan tidak terinfeksi virus. Layar Windows menjadi Blank dan hanya ada kursor terjadi karena nilai yang ada pada registry berubah, bisa karena virus/malware dan juga setelah membersihkan virus/malware pada flashdisk yang baru saja dicolok ke komputer maupun laptop. Satu hal lagi, terkadang security updatedari windows bisa menyebabkan "KSOD"

Saya mengalami hal ini setelah membersihkan virus di flashdisk teman pada laptop saya. Saat di rumah, saya nyalakan laptop dan layar langsung berubah menjadi hitam dan hanya menyisakan kursor saja tanpa adataskbar maupun ikon pada layar desktop. Padahal, laptop saya bersih dari virus/malware.

Penting!!!: Saya tidak akan membuat tutorial jika saya tidak mencobanya terlebih dahulu dan berhasil. Selain itu, saya juga memberikkan solusi alternatifnya. Kesalahan pada PC/Laptop Anda dikarenakan tidak membaca secara cermat keseluruhan isi artikel dan komentar pada artikel ini.


Jika Anda masih awam dengan Registry, saya sarankan untuk menggunakan Windows Recovery Disc untuk memperbaiki startup (Startup Repair). Silakan baca artikelnya disini > Windows 7 Recovery Discs atauWindows 8 Recovery Discs.

Anda tidak perlu install ulang Windows, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

- Tekan “CTRL + ALT + DEL”, lalu pilih “Task Manager”.

- Pada “Task Manager”, klik “File > New Task (Run...)”, ketikkan “regedit” tanpa tanda kutip.

- Setelah “Registry Editor” terbuka, cari folder registry “Winlogon”:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon

- Jika sudah, pada bagian kanan cari String “Shell” dan “Userinit”.

- Normalnya nilai dari “Shell” berisi:
explorer.exe

Jika berbeda, ubahlah nilainya seperti diatas.

- Normalnya nilai dari “Userinit” berisi:
C:\Windows\system32\userinit.exe,

Jika berbeda, ubahlah nilainya seperti diatas.
*Catatan: Ada tanda koma “,” pada akhir “userinit.exe” dan biasanya masalah terjadi disini karena kurang tanda "\" (slash) seperti "C:\Windows\system32userinit.exe,".
- Setelah selesai, restart komputer atau laptop anda dan Windows anda sudah kembali normal.


Cara Lain (Task Manager: Bisa):

1. Buka Command Prompt (CMD) > ketik sfc /scannow. Setelah selesai silakan restart PC Anda.

2. Jika tidak ingin repot dengan langkah diatas, anda bisa menggunakan “FixShell” buatan Prevx. Silakan unduh “DI SINI”.

Cara Lain (Task Manager: Tidak Bisa):

Cara paling aman adalah menggunakan Windows Recovery Disc lalu burning ke dalam CD-R dan booting untuk memperbaiki startup (Startup Repair). Silakan baca artikelnya disini > Windows 7 Recovery Discs atauWindows 8 Recovery Discs.

Ada cara lagi yang ini, tapi saya "tidak" anjurkan untuk (sering) melakukannya karena dapat berdampak pada harddisk Anda. Karena sama saja memutus tiba-tiba aliran listrik pada PC/Laptop saat harddisk masih menyala (berputar) yang bisa menyebabkan keping harddisk tergores oleh head (jarum pembaca keping harddisk) dan mengakibatkan bad sector pada harddisk.

Do It At Your Own Risk! 
1. Restart atau hidupkan PC/Laptop.
2. Tekan tombol "Power" (sekitar 5 detik) sampai PC/Laptop benar-benar mati.
3. Kemudian hidupkan lagi PC/Laptop Anda.


Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan jangan lupa berdoa. :)

96 komentar:

  1. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. kompi ane gk bisa di apa-apain gan,gk bisa buka task menager.yang bisa hanya gerakin kursor doank.
    ya udah ane coba cara yang terakhir,juga tetap gk bisa.
    SOLUSINYA GAN ?

    BalasHapus
  3. Gan ak udah coba semua cara yang d atas tp kok msh blank jg layarnya? Yg nampak cm kursornya doang
    Tlg bls GAN

    BalasHapus
  4. Gan ane pake cara diatas tapi Laptop ane gada kesalahan di shell maupun di userinit help gan

    BalasHapus
  5. Gan ane pake cara diatas tapi Laptop ane gada kesalahan di shell maupun di userinit help gan

    BalasHapus
  6. thanks gan infonya sangat bermanfaat bnget . top dah

    BalasHapus
  7. thanks gan infonya sangat bermanfaat bnget . top dah

    BalasHapus
  8. thanks gan infonya sangat bermanfaat bnget . top dah

    BalasHapus
  9. Makaaih kakaks, aku berhasiiill hehe

    BalasHapus
  10. Ga bisa buka taskmanager nya gan.. Ane tadi nya pke win 8 trs normal" aja, trs setelah up ke win 8.1 jadi blank pas shut down.. Gimana gan? Ada solusi ga? (Jd skrg ane pake win 8.1 nih gan)

    BalasHapus
  11. Kagaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    Bisaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa............ :'(

    BalasHapus
  12. Makasig Banyak buat infonya Min. (y)

    BalasHapus
  13. Task managernya gak bisa dibuka, gimana?

    BalasHapus
  14. Masuk Safemode woyy
    tekan F8 saat booting
    www.aziuzui.blogspot.com

    punya ane juga gitu PC nya , setelah instal aplikasi Crack. adakah yang sama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sma aja gan tetep nya muncul kursor nya aja solusinya...

      Hapus
    2. Sma aja gan tetep nya muncul kursor nya aja solusinya...

      Hapus
  15. Berhasil gaaannnn... Thanks..

    BalasHapus
  16. Bisa gan. Tp tiap saya nyalain balik black screen lagi. Gmn dongs...

    BalasHapus
  17. Terimkasih bro. Akhirnya bisa kembali normal 👍👍👍

    BalasHapus
  18. Terimkasih bro. Akhirnya bisa kembali normal 👍👍👍

    BalasHapus
  19. Setelah diganti "shell" & "userinit" nya agan2 log off terlebih dahulu laptop nya, lalu masuk kembali. Semoga balik seperti semula, lalu agan2 baru restart laptop nya. Saya berhasil kok. Intinya jangan direstart dulu, dilog off dulu lalu di masuk kembali, baru restart. Ty info nya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  20. Setelah diganti "shell" & "userinit" nya agan2 log off terlebih dahulu laptop nya, lalu masuk kembali. Semoga balik seperti semula, lalu agan2 baru restart laptop nya. Saya berhasil kok. Intinya jangan direstart dulu, dilog off dulu lalu di masuk kembali, baru restart. Ty info nya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  21. Gan saya ga bisa pake cara yang di atas task managernya g ada jadi bener bener blank hanya kursor,tapi saya masih bisa masukin password solusinya gan

    BalasHapus

  22. service komputer panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan ingin service komputer dan
    tidak ingin repot repot bawa ke reparasi komputer.
    silahkan Hubungi Kami. jika bapak atau ibu sibuk
    cukup Hubungi Kami Maka Kami akan pergi ketempat
    anda HUB : 081294209696

    terima kasih atas kepercayaan anda.

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    BalasHapus
  23. Mantaps.... Terima kasih solusi. Via task manager trus ke regedit.... OK banget.

    BalasHapus
  24. Mantaps.... Terima kasih solusi. Via task manager trus ke regedit.... OK banget.

    BalasHapus
  25. Ctrl+Alt+Del nya gk Bisa gan gimana nih laptop kakak gw lagi Plis bales Laptop nya Acer Aspire 4745G

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Terimakasih gan, laptopku kembali normal 😁

    BalasHapus
  28. udh 1 bulan nyari akhirnya ketemu juga..terimakasih gan

    BalasHapus
  29. mantap gan, sangat membantu sekali.. terima kasih banyak

    BalasHapus
  30. shell sama usernit maksudnya? Tolong Jawab

    BalasHapus
  31. trimkasih,, saya berhasilll,, sangat simpel

    BalasHapus
  32. Knpa di Ctrl + Alt + Delete gk muncul Task Menager

    BalasHapus
  33. MAKASIH BANYAK :') BARU SAMPE KETIK REGEDIT TAU" MUNCUL DESKTOP NYAAA :'') SEMOGA ILMU MU DAPET BALASAN YANG BERLIMPAH , SEKALI LGI MAKASIH

    BalasHapus
  34. Gan.. pas ane lagi mau perbaiki.. ehh tiba" layar bisa gan :D

    BalasHapus
  35. Gak bisa gan, ane buka regedit, nilai shell dan userinit nya sudah bener.

    Jadi harus diapain lg dong ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan ketik regedit, langsung ketik aja explorer.exe

      Hapus
    2. Bahaha.. Alhamdulillah bisa langsung ketik explorer.exe thx gan..

      Hapus
  36. makasih keterangannya sangat membantu

    BalasHapus
  37. Klo sudah di CTRL+ALT+DEL tidak kluar apa apa tetep black screen ajja n cursor gmn min solusinya ? Makasih

    BalasHapus
  38. Gan klo task manager tidak bisa dibuka juga gmn?

    BalasHapus
  39. setelah klik task managr. tdk muncul kotak pilihan lg gan. muncul sperti awal, hnya kursor dan layar gelap. laptop sya juga tdk bsa d restar

    BalasHapus
  40. setelah klik task managr. tdk muncul kotak pilihan lg gan. muncul sperti awal, hnya kursor dan layar gelap. laptop sya juga tdk bsa d restar

    BalasHapus
  41. kok di laptop acer aspire gbisa ya? ctrl + alt + del,
    sma cara yg f8 jga gabisa :(

    BalasHapus
  42. Thanks infonya gan, berhasil alhamdulillah

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah akhirnya berhasil makasih min..

    BalasHapus
  44. aku baru ctrl+alt+del terus langung pilih restart di pojok kanan bawah udah bisa hehehe thx gan tutorialnya

    BalasHapus
  45. Makasih banget min. Sekarang laptop saya sudah bagus kembali. Awalnya, layar tiba" blank hitam terus yang ada cuman cursor nya aja. Thanks banget loh Min. ..

    BalasHapus
  46. udah saya ikutinidak ada yg berubah. Saya restart kembali tetap juga tidak berhasil.Gimana gan..?

    BalasHapus
  47. Udah di coba gan tapi tetep gabisa keluar taks managernya

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Makasih gan tdi pas saya shut down ad loading shut down abis itu cuman ad layar hitam sama cursor ternyata ctrl+alt+delete langsung keluar task manager saya bisa shut down

    BalasHapus
  50. Makasih gan tdi pas saya shut down ad loading shut down abis itu cuman ad layar hitam sama cursor ternyata ctrl+alt+delete langsung keluar task manager saya bisa shut down

    BalasHapus
  51. Makasih banget ya gan ,dan lebih manjur yg tips terakhir tapi kyk ada bunyi gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama,yg terakhir saya juga,,dicoba yg ctrl+alt+del tetep ga keluar task nya

      Hapus
  52. Haturnuhun Bosque....
    dengan artikel nyaaahh,,
    Asli,,manfaat pisan,,semoga jadi ladang pahala yang kontinyu...(Aamiin)

    BalasHapus
  53. Sudah saya tekan ctrl+Alt+Del tapi menu pilihan tidak muncul

    BalasHapus
  54. tetap gk bs di tekan contol +alt dell layarnya ttp blank kursor doang yg muncul mohon solusinya gan

    BalasHapus
  55. punyaku gk ngefek apa² ini gimana ya kak, kayaknya kena malware ini

    BalasHapus
  56. Makasih banget minnn😊semoga menjadi berkah ke depannya

    BalasHapus
  57. Gan laptopku vaio aku ctrl+alt+dell tp task managernya ndak keluar. Gimana ya? Tolong gan

    BalasHapus
  58. Alhamdulillah bisa gan ,terima kasih banyak

    BalasHapus
  59. Allhamdulillah berhasil gan, setelah putar otak cari solusi di google akhirnx nemuin yg pas

    BalasHapus
  60. Terima kasih ini sangat membantu banget:'

    BalasHapus
  61. Alhamdulillah mksh ilmunya nyala lagi laptop sy

    BalasHapus
  62. Terima Kasih banyak, berkat tutorial ini, leptop seya kembali normal. Alhamdulillah.. Terima Kasih admin

    BalasHapus
  63. Udah nyobain semua. Tetep ga bisa. Gimana caranyaa??

    BalasHapus
  64. Muncul kotak putih tidak bisa diapa-apakan digimanskan lagi ya

    BalasHapus
  65. Kotak putih digerakkan kusernya muncul garis2 yg banyak bisa dibentuk-bentuk

    BalasHapus
  66. Terimakasih... sangat membantu

    BalasHapus
  67. 2021 dan masih berhasil.
    Terima kasih min 🙏

    BalasHapus
  68. Mantapp. Makasi informasinya sangat membantu 👍🏻

    BalasHapus
  69. Abis update windows restart langsung black screen ctrl+alt+del gak fungsi.tapi di safe mode menu repair walpapernya ada..ada solusi bang

    BalasHapus
  70. Ctrl+Alt+Del > File > Run New Task > (C:\windows\explorer.exe) langsung klik OK

    BalasHapus